Monday, July 9, 2012

SELAYANG PANDANG LOMBOKKU SAYANG

Lombokku,lombokmu,Lombok kita semua

Lombok
adalah sebuah
pulau di Nusa Tenggara Barat ( Nusa Tenggara Barat atau NTB) provinsi, Indonesia . Ini merupakan bagian dari rantai dari Kepulauan Sunda Kecil , dengan Selat Lombok memisahkannya dari Bali ke barat dan Selat Alas antara dan Sumbawa di timur. Ini kira-kira bundar, dengan "ekor" ( Sekotong Semenanjung ) ke barat daya, sekitar 70 km di seluruh dan area total sekitar 4.725 km ² (1.825 sq mi). Ibukota provinsi dan kota terbesar di pulau itu adalah Mataram . Hal ini agak mirip dalam ukuran dan kepadatan dengan tetangga Bali dan saham beberapa warisan budaya, tetapi secara administratif bagian dari NTB bersama dengan jarang penduduknya Sumbawa . Hal ini dikelilingi oleh sejumlah pulau-pulau kecil secara lokal disebut Gili .
Pulau ini adalah rumah bagi beberapa 3.160.000 Indonesia seperti yang tercatat dalam sensus tahun 2010 sepanjang sepuluh tahun, dan dalam 4 kabupaten bersama dengan Mataram ibukota provinsi.
Administrasi

Lombok adalah di bawah administrasi Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat ( Nusa Tenggara Barat ). Provinsi ini dikelola dari ibukota provinsi Mataram di Lombok Barat.
Pulau ini dibagi menjadi empat kabupaten dan satu kota (kota). Mereka adalah:
1.lombok barat
2 .Lombok tengah
3.Lombok timur Dan
4.Lombok utara.

GEOGRAFI LOMBOK

 
Para Selat Lombok terletak di sebelah barat langsung dari pulau dan jalur air ini menandai bagian dari biogeografis pembagian antara fauna dari Indomalayan ecozone dan fauna yang berbeda jelas Australasia yang dikenal sebagai Garis Wallace , untuk Alfred Russel Wallace [1] , yang pertama berkomentar atas perbedaan antara kedua daerah biogeografi utama dan bagaimana tiba-tiba batas itu antara dua bioma.
Di sebelah timur Lombok terletak Selat Alas , sebuah badan air sempit yang memisahkan Pulau Lombok dari pulau terdekat dari Sumbawa ke timur.
Topografi pulau ini didominasi oleh pusat-terletak Stratovolcano Gunung Rinjani , yang naik ke 3.726 m (12.224 kaki), membuat gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dan tertinggi ketiga gunung bangsa. Letusan terbaru Rinjani pada bulan Mei 2010 di Gunung Barujari. Abu dilaporkan meningkat hingga dua km ke atmosfer dari kerucut Barujari di danau kaldera Rinjani dari Segara Anak. Lava mengalir ke danau kaldera, mendorong suhu dan tanaman di lereng Rinjani rusak akibat jatuhnya abu. Gunung berapi, dan danau kawah, "Segara Anak" (anak laut), dilindungi oleh Taman Nasional Gunung Rinjani didirikan pada tahun 1997.
Para dataran tinggi Lombok adalah hutan berpakaian dan sebagian besar belum berkembang. Para dataran rendah sangat tanaman utama yang tumbuh di tanah subur pulau. Bagian selatan pulau ini subur namun kering, terutama pada garis pantai selatan.
Pasokan air di Lombok ditekankan dan ini tempat saring pada kedua pasokan air dari ibukota propinsi, Mataram, dan pulau pada umumnya. Wilayah selatan dan tengah dilaporkan menjadi yang paling kritis terpengaruh. Nusa Tenggara Barat pada umumnya diancam dengan krisis air disebabkan oleh hutan meningkat dan air kerusakan meja dan degradasi. 160 ribu hektar dari total Tahun 1960 ribu hektar diperkirakan telah terpengaruh. Kepala Lingkungan Dibangun dan Keamanan Hutan Dinas Kehutanan Nusa Tenggara Barat Andi Pramari menyatakan di Mataram pada Rabu, Mei 6, 2009 bahwa, "Jika situasi ini tidak ditangani dapat diharapkan bahwa dalam lima tahun mungkin sulit bagi orang untuk mendapatkan air di bagian NTB (Nusa Tenggara Barat) Tidak hanya itu., produktivitas pertanian di nilai tambah akan jatuh, dan penduduk mengalami kekurangan air di sumur mereka ". Tingginya kasus pencurian kayu di wilayah NTB berkontribusi untuk masalah ini. Pada bulan September 2010, Lombok Tengah beberapa penduduk desa dilaporkan bisa berjalan selama beberapa jam untuk mengambil satu ember air. Nieleando, sebuah desa pantai kecil sekitar 50 kilometer dari ibukota propinsi, Mataram, telah melihat sumur kering selama bertahun-tahun. Telah dilaporkan bahwa kadang-kadang masalah escalates cukup untuk sengketa dan pertempuran antara penduduk desa terjadi. Masalah telah dilaporkan paling menonjol di sub-distrik di Jonggat, Janapria, Praya Timur, Praya Barat, Praya Barat Daya dan pujut. Pada tahun 2010 semua enam kecamatan dinyatakan daerah kekeringan oleh pemerintah provinsi.  Sumbawa, pulau utama lainnya dari provinsi, juga mengalami kekeringan yang parah pada tahun 2010, sehingga masalah seluruh provinsi.

DEMOGRAFI
Penduduk pulau adalah 85%
Sasak yang asal diperkirakan telah bermigrasi dari Jawa dalam SM penduduk pertama milenium lainnya termasuk 10-15% diperkirakan Bali , dengan sisanya kecil menjadi Tionghoa peranakan- , Jawa , Sumbawanese dan Arab Indonesia .
Populasi Sasak adalah budaya dan bahasa terkait erat dengan Bali, tapi tidak seperti orang Bali Hindu, mayoritas adalah Muslim dan lanskap yang diselingi dengan masjid dan menara. Tradisi Islam dan hari libur mempengaruhi kegiatan sehari-hari Island.
Pada tahun 2008 Pulau Lombok memiliki 866.838 rumah tangga dan rata-rata 3,635 orang per rumah tangga.
Sensus 2010 mencatat jumlah penduduk 4.496.855 orang di provinsi NTB , yang 70,42% berada di Lombok, memberikan jumlah penduduk 3.166.685.

Agama

C1925
Pulau itu adat Sasak orang sebagian besar adalah Muslim [ 12 ] Namun sebelum kedatangan Islam Lombok mengalami periode panjang dari Hindu dan Budha pengaruh yang mencapai pulau itu melalui Jawa . Sebuah minoritas Bali budaya Hindu tetap di Lombok. Islam mungkin pertama kali dibawa ke Lombok oleh pedagang yang datang dari Sumbawa pada abad ke 17 yang kemudian mendirikan berikut di timur Lombok. Rekening lainnya menggambarkan pengaruh pertama tiba pada paruh pertama abad keenam belas. Menurut daun kelapa naskah Babad Lombok yang berisi sejarah Lombok menjelaskan bagaimana Sunan Prapen dikirim oleh ayahnya Para Ratu Susuhunan Giri dalam ekspedisi militer ke Lombok dan Sumbawa untuk mengkonversi penduduk dan menyebarkan baru agama . Namun agama baru mengambil karakter yang sangat sinkretis, sering mencampur animisme keyakinan dan Hindu-Buddha dan praktek dengan Islam.
Sebuah versi lebih ortodoks Islam meningkat popularitasnya di awal abad kedua puluh. Program agamaization indonesian pemerintah (memperoleh suatu agama) di Lombok selama 1967 dan 1968 menyebabkan periode beberapa kebingungan yang cukup besar dalam ikatan-ikatan keagamaan dan praktek. Program-program agamaization kemudian menyebabkan munculnya kesesuaian lebih dalam praktik keagamaan di Lombok. Agama minoritas Hindu masih dipraktekkan di Lombok bersama agama mayoritas Muslim.
Hindu diikuti oleh imigran etnik Bali dan oleh minoritas dari Sasak pribumi. Semua utama upacara keagamaan Hindu dirayakan di Lombok dan ada banyak desa di seluruh Lombok yang memiliki mayoritas penduduk Hindu. Menurut legenda setempat dua desa tertua di pulau itu, Bayan dan Sembalun, didirikan oleh seorang pangeran dari Majapahit .
The Nagarakertagama , telapak daun abad ke-14 puisi yang ditemukan di Lombok, pulau tempat sebagai salah satu pengikut dari kerajaan Majapahit. Manuskrip ini berisi deskripsi rinci dari Kerajaan Majapahit dan juga menegaskan pentingnya Hindu-Buddha di kerajaan Majapahit dengan candi menggambarkan, istana dan ketaatan upacara beberapa.
Kekristenan dipraktekkan oleh minoritas kecil termasuk beberapa etnis Cina dan imigran dari Nusa Tenggara Timur. Sejarah komunitas Arab kecil di Lombok sejarah dating kembali ke pemukiman awal oleh pedagang dari Yaman. Masyarakat masih terlihat terutama di Ampenan, Pelabuhan lama Mataram. Karena penentuan tapak dari pusat pengungsi UNHCR di Lombok beberapa pengungsi dari negara-negara timur tengah telah menikah dengan orang Lombok.
Sebuah kelompok non-ortodoks Islam hanya ditemukan di Lombok adalah Wetu Wektu ("Tiga kali"), yang berdoa tiga kali sehari, bukan lima kali diatur dalam Quran . Terbalik Telu kepercayaan yang terjalin dengan animisme , dan bukan hanya dipengaruhi oleh Islam, tetapi juga Hindu dan panteistik keyakinan. Ada juga sisa-sisa Boda yang menjaga Pagan keyakinan Sasak dan bisa mewakili budaya Sasak asli, kemudian dicairkan oleh inovasi Islam.
Banyak pengaruh kepercayaan animisme berlaku dalam masyarakat Sasak, yang sebagian besar percaya adanya roh atau hantu . Mereka menganggap baik makanan dan doa sangat diperlukan setiap kali mereka berusaha untuk berkomunikasi dengan roh, termasuk praktek-praktek tradisional mati dan ritualistik bertahan. sihir Tradisional dipraktekkan untuk mengusir kejahatan dan penyakit dan mencari solusi untuk perselisihan dan antipati. Sihir dapat dilakukan oleh seorang individu saja tetapi biasanya seseorang berpengalaman dalam hal-hal seperti ini mencari untuk membuat layanan. Biasanya uang atau hadiah dibuat kepada orang ini dan praktisi yang paling kuat diperlakukan dengan hormat yang cukup.

EKONOMI dAN POLITIK

Banyak pengunjung ke Lombok dan sebagian besar barang pulau datang di Selat Lombok dengan link laut atau udara. Hanya 25 mil memisahkan dua pulau.  Lombok sering dipasarkan sebagai "Bali masih alami," atau "adik pulau Bali." Saat ini dengan dukungan dari pemerintah Lombok Tengah dan Sumbawa sedang dikembangkan sebagai tujuan Indonesia 2 untuk internasional dan domestik pariwisata. Lombok tetap mempertahankan lingkungan yang lebih alami yang sepi dan belum berkembang, yang menarik wisatawan yang datang untuk menikmati suasana santai dan kesempatan untuk menjelajahi pulau ini masih alami, keindahan alam spektakuler. Kampanye pemasaran yang lebih kontemporer untuk Lombok / Sumbawa berusaha untuk membedakan dari Bali dan mempromosikan Pulau Lombok sebagai berdiri sendiri tujuan. Pembukaan baru Internasional Lombok Airport pada tanggal 1 Oktober 2011 akan membantu dalam upaya ini.
Lokal Sasak anak
Nusa Tenggara Barat dan Lombok dapat dipertimbangkan secara ekonomi tertekan oleh Dunia Pertama standar dan sebagian besar penduduk hidup dalam kemiskinan. Namun, pulau yang subur, memiliki curah hujan yang memadai di sebagian besar wilayah untuk pertanian, dan memiliki berbagai zona iklim. Akibatnya, makanan dalam jumlah berlimpah dan beragam tersedia murah di pasar petani lokal, meskipun penduduk setempat masih menderita kelaparan akibat kekeringan dan pertanian subsisten. Sebuah keluarga dari 4 bisa makan nasi, sayuran, dan buah untuk sebagai sedikit sebagai US $ 0,50. Meskipun pendapatan keluarga mungkin menjadi sekecil US $ 1,00 per hari dari memancing atau pertanian, banyak keluarga mampu untuk hidup puas dan produktif yang berpenghasilan menakjubkan kecil seperti itu. Masyarakat Lombok namun yang datang di bawah tekanan yang meningkat dari pangan dan harga bahan bakar dan akses ke layanan perumahan, pendidikan dan kesehatan tetap sulit bagi banyak penduduk pulau asli.
Persentase penduduk yang hidup dalam kemiskinan di daerah perkotaan Nusa Tenggara Barat tahun 2008 adalah 29,47% dan pada tahun 2009 adalah 28,84%. Untuk mereka yang tinggal di daerah pedesaan pada tahun 2008 adalah 19,73% dan pada tahun 2009 berkurang sedikit menjadi 18,40% Untuk perkotaan dan desa gabungan angka tersebut 23,81% dan pada tahun 2009 sedikit turun menjadi 22,78%.
Di Mataram pada tahun 2008 persentase penduduk yang belum menikah adalah 40,74%, menikah 52,01%, 2,51% bercerai dan janda 4,75%.

PARIWISATA

 
Pariwisata merupakan sumber pendapatan penting di Lombok. Daerah pariwisata yang paling berkembang dari pulau ini di pantai barat pulau dan berpusat tentang kotapraja Senggigi . Para langsung mengelilingi kota mandiri berisi fasilitas wisata yang paling berkembang. Pantai barat pantai pariwisata strip merebak di strip 30 km mengikuti jalan utara pesisir dari Mataram dan bandara saat terdekat di Ampenan . Daerah pariwisata utama meluas ke Tanjung di barat laut di kaki Gunung Rinjani dan termasuk Peninsulas Sire dan Medana dan sangat populer Gili Islands berbaring segera lepas pantai. Ketiga pulau kecil yang paling sering diakses dengan perahu dari Bangsal Pemenang dekat, Teluk Nare sedikit ke selatan, atau dari selatan lebih lanjut di Senggigi dan Mangsit pantai. Sejumlah besar hotel dan resort menawarkan akomodasi mulai dari anggaran untuk mewah. Baru langsung layanan kapal cepat telah berjalan dari Bali membuat koneksi langsung ke kepulauan Gili. Meskipun cepat berubah dalam karakter, kepulauan Gili masih menyediakan baik retret awam kembali backpacker dan tujuan kelas tinggi resor.
Tujuan wisata lainnya termasuk Gunung Rinjani , Gili bidara, Gili Lawang, Taman Narmada dan Mayura Park dan Kuta (jelas berbeda dari Kuta, Bali).Daerah Kuta juga terkenal indah, sebagian besar sepi, pantai pasir putih. Sekotong, di barat daya Lombok, populer untuk lokasi banyak dan beragam scuba diving. Selatan Lombok berselancar dianggap beberapa yang terbaik di dunia dan termasuk Desert Point di Banko Banko di barat daya pulau. Pantai barat utara dekat Tanjung memiliki banyak baru kelas atas hotel dan perkembangan vila centreed tentang Sire dan Medana Semenanjung dekat ke pulau-pulau Gili dan baru berperahu marina di Medana teluk. Perkembangan baru ini melengkapi resort bintang 5 yang sudah ada dan lapangan golf besar yang sudah mapan di sana.

  Pra-2000

Pengembangan pariwisata dimulai pada pertengahan 1980-an, ketika Lombok menarik perhatian sebagai alternatif 'belum terjamah' ke Bali. Awalnya, bungalow anggaran yang rendah berkembang biak pada tempat-tempat seperti kepulauan Gili dan Kuta, Lombok di Pantai Selatan. Akomodasi wisata sebagian besar milik dan dioperasikan oleh pengusaha lokal. Daerah di dekat bandara, tempat-tempat seperti Sengiggi, berpengalaman lahan spekulasi merajalela tanah pantai perdana oleh bisnis besar dari Lombok luar.
Pada 1990-an pemerintah nasional di Jakarta mulai mengambil peran aktif dalam merencanakan dan mempromosikan pariwisata Lombok. Organisasi swasta seperti Bali Tourism Development Corporation (BTDC) dan Lombok Tourism Development Corporation (LTDC) dibentuk. LTDC menyiapkan rencana penggunaan lahan rinci dengan peta dan daerah dikategorikan untuk fasilitas wisata. Hotel besar menyediakan lapangan kerja utama bagi penduduk setempat. Bisnis tambahan, mulai dari restoran hingga toko-toko seni telah dimulai oleh pengusaha lokal. Bisnis ini menyediakan pekerjaan sekunder bagi penduduk lokal.

1997-2007

Para Krisis Keuangan Asia 1997 dan jatuhnya Soeharto tahun 1998 ditandai rezim awal satu dekade kemunduran untuk pariwisata. Dipicu oleh devaluasi mata uang yang cepat dan transisi ke demokrasi sejati disebabkan seluruh Indonesia mengalami periode kerusuhan dalam negeri. Banyak dari Provinsi bahasa Indonesia berjuang dengan elemen dari populasi menginginkan otonomi atau kemerdekaan dari Republik Indonesia. Pada saat yang sama Islam fanatik terorisme di Indonesia diperparah lagi kerusuhan dalam negeri di seluruh nusantara.
Dalam bulan Januari 2000, agitator Islam radikal dari yang baru terbentuk Jemaah Islamiyah memprovokasi kekerasan agama dan etnis di daerah Ampenan dari Mataram dan daerah selatan Senggigi . Banyak ekspatriat dan wisatawan asing yang sementara diungsikan ke Bali. Sejumlah kedutaan asing mengeluarkan Peringatan Perjalanan yang memberitahukan potensi bahaya bepergian ke Indonesia.
Selanjutnya, pemboman Bali tahun 2002 , yang 2005 Bali pemboman dan Progres wabah SARS di Asia semua kegiatan pariwisata secara dramatis berdampak di Lombok. Pariwisata adalah lambat untuk kembali ke Lombok, memprovokasi sebagian oleh keengganan untuk melakukan perjalanan di seluruh dunia karena ketegangan global. Hanya sejak 2007-2008, ketika negara-negara maju paling mengangkat Peringatan Perjalanan mereka telah pariwisata pulih ke pra-2000 tingkat.

  2008 untuk Present

Tahun-tahun menjelang 2010 telah melihat kebangkitan cepat dan promosi pemulihan pariwisata di industri pariwisata. Jumlah pengunjung telah jauh melampaui pra-2000 tingkat. Semua tanda-tanda menunjukkan tren jangka panjang akan melihat peningkatan yang stabil dalam jumlah kedatangan pengunjung.
Baik pemerintah lokal dan banyak warga mengakui bahwa pariwisata dan layanan yang terkait dengan pariwisata akan terus menjadi sumber pendapatan utama bagi pulau itu. Keindahan alam pulau dan keramahan adat penduduknya menjadikannya sebuah tujuan wisata yang jelas.
Lombok tetap memiliki daya tarik lingkungan belum berkembang dan alami. Pariwisata kunjungan ke pulau tropis meningkat lagi sebagai wisatawan baik internasional dan lokal menemukan kembali daya tarik Lombok. Dengan bunga baru datang pengembangan sejumlah resor butik di pulau menyediakan kualitas akomodasi, makanan dan minuman dalam jarak dekat ke pedesaan yang relatif masih alami.
Pemerintah Indonesia aktif mempromosikan baik Lombok dan tetangga Sumbawa sebagai dua tujuan pariwisata Indonesia nomor setelah Bali. Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono , Departemen Kebudayaan dan Pariwisata dan Gubernur daerah telah membuat pernyataan publik mendukung pengembangan Lombok sebagai tujuan wisata dan menetapkan tujuan dari 1 juta pengunjung per tahun pada tahun 2012 untuk tujuan gabungan Lombok dan Sumbawa.  Hal ini telah melihat peningkatan infrastruktur untuk pulau termasuk upgrade jalan dan pembangunan yang jauh tertunda baru bandara Internasional di selatan pulau.

 Transportasi

Bandara Internasional Lombok ( Bandara Internasional Lombok ) ( IATA : LOP , ICAO : WADL ) adalah selatan barat kota daerah kecil Praya di Lombok Selatan. Mulai beroperasi pada tanggal 1 Oktober 2011. Ia menggantikan bandara Selaparang Ampenan dekat.  Ini adalah bandara internasional hanya operasional dalam provinsi Nusa Tenggara Barat ( Nusa Tenggara Barat ).
Bandara Selaparang di Ampenan ditutup untuk operasi pada malam 30 September 2011. Ini sebelumnya memberikan fasilitas untuk layanan domestik untuk Jawa, Bali, dan Sumbawa dan jasa internasional untuk Singapura ke Kuala Lumpur melalui Surabaya dan Jakarta . Itu adalah bandara asli pulau itu dan terletak di Jalan Adi Sucipto di pinggiran barat utara Mataram. Terminal bandara dan infrastruktur dasar tetap utuh tetapi ditutup untuk semua lalu lintas penerbangan sipil.
Lembar Harbour pelabuhan di barat daya telah pengiriman fasilitas dan feri untuk kendaraan jalan dan layanan penumpang. Labuhan Lombok pelabuhan feri di pantai timur menyediakan feri untuk kendaraan jalan dan layanan penumpang ke Poto Tano di Sumbawa.
Pelni Shipping Line menyediakan jaringan nasional jasa kapal penumpang di seluruh kepulauan Indonesia. Pelni memiliki kantor di Ampenan.
Fastboat layanan yang disediakan untuk pergerakan penumpang antara pulau terdekat Bali dan terutama melayani Kepulauan Gili, dengan beberapa lalu lintas dan seterusnya terbatas ke daratan Lombok. Landfall adalah pada satu atau lebih dari pulau-pulau Gili tergantung pada operator dan di daratan adalah baik di Teluk Nare / Teluk Kodek, atau kota Senggigi, baik di pantai barat dekat pulau utama Lombok. Layanan tersebut adalah kontroversial di alam yang sebagian besar kerajinan penggunaan layanan tidak sesuai dengan kondisi, dengan standar keamanan dipertanyakan dan tingkat yang tidak memadai pelatihan kru untuk operasi di perairan terbuka. sumber daya air
Daerah di selatan Pulau Lombok digolongkan kering dan rentan terhadap kekurangan air karena curah hujan yang rendah dan kurangnya sumber air. Pada Mei 2011, upacara grounbreaking telah dilakukan untuk awal Pandanduri pembangunan bendungan yang akan span sekitar 430 hektar dan biaya diperkirakan Rp 800 miliar ($ 92.800.000) untuk menampung sekitar 25,7 juta meter kubik air dan mampu mengairi 10.350 hektar lahan pertanian. Proyek ini akan selesai pada lima tahun ke depan.

No comments:

Post a Comment